Langsung ke konten utama

Perbedaan Pintar Dan Cerdas.

Tahukah kamu kalau ternyata ada perbedaan yang mendasar antara, pintar dan cerdas.  Bagi sebagian orang, mereka akan bilang bahwa kedua hal tersebut tidak ada bedanya karena pada dasarnya kedua hal tersebut mengarah pada suatu keadaan yang sama, yaitu di atas rata- rata.

Namun, ada juga yang tidak tahu atau meraba-raba, apa sih sebenarnya perbedaan antara pintar dan cerdas? Nah, untuk itu di sini saya akan mencoba untuk menjelaskan perbedaan mengenai keduanya dari perspektif saya karena ada beberapa perspektif yang juga mengemukakan perbedaan pintar, cerdas, dan jenius.
Pintar dan cerdas, adalah kata berbeda, dan makna berbeda pula, tapi kadang kata ini digunakan untuk hal yang sama. Misalnya dalam kalimat, “Pantas dia terpilih, orangnya memang pintar.” Jika tak memahami perbedaan keduanya, maka kalimat “Pantas dia terpilih, orangnya memang cerdas,” akan dimaknai sama.



Pintar adalah penguasaan bidang yang dipelajarinya.Orang pintar membutuhkan proses dalam mempelajari seseuatu. misalnya seorang anak yang pintar matematika. Dia akan membutuhkan suau proses untuk dapat memahami pelajaran matematikanya tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Pengetahuan yang diketahui itulah yang membuat dia dinobatkan sebagai orang pintar. Dengan demikian, semua orang berpotensi menjadi pintar, asalkan dibentuk sedemikian rupa.

Cerdas adalah kemampuan menyelesaikan beberapa masalah tanpa pernah mempelajari atau dianggap tidak pernah mempelajari masalah itu. tidak semua orang pintar bisa dibilang cerdas. dan tidak semua orang cerdas bisa dibilang pintar. Misalnya, Beddu tiba-tiba bisa membuat Kambing masuk ke dalam kandang lebih cepat dari pengembalanya, padahal Beddu bukan pengembala Kambing, dan tidak pernah mempelajarinya. Esoknya, Beddu berhasil menyelesaikan persoalan keluarga dari hutang piutang dengan solusi tepat. Dalam waktu yang sama, dia juga membantu memindahkan rumah menggunakan sedikit orang. Akumulasi dari kemampuan Beddu itulah kemudian dia dinobatkan sebagai orang cerdas.
Dengan demikian kata cerdas, tidak tepat jika ditujukan kepada bidang ilmu tertentu. Keliru mengatakan, Beddu cerdas Matematika, cerdas Agama, dan lain-lain.
Jadi, perbedaan pintar dan cerdas dalam menyelesaikan masalah; orang pintar menyelesaikan masalah dari pengetahuan hasil proses pembelajaran terlebih dahulu. Kemudian bekerja berdasarkan pedoman, teori apa yang telah dipelajari. Sedangkan orang cerdas menyelesaikan permasalahan tanpa pedoman, tapi murni bawaan sebagai sifat. Dari mana sumber pengetahuannya? Bermacam-macam. Itulah keunikan orang cerdas.

Jadi orang pintar lebih banyak dari orang cerdas, karena pintar mudah dibentuk. Karena cerdas adalah sifat bawaan dari lahir yang dimiliki oleh seseorang, maka orang cerdas besar dipengaruhi oleh genitas dan stimulus lingkungan. Orang yang hidup dalam keluarga menderita, biasanya menjadi orang cerdas, karena terlatih menyelesaikan masalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traffic atau cari DUIT, Kasus #BUKALAPAKSANDAL

Minggu depan saya yakin tranding topic #Bukalapaksandal akan meningkat terus, seperti waktu  itu tranding topik #UNISTALLBUKALAPAK. Sewaktu ramai #uninstallbukalapak saya memang ada aplikasi bukalapak di handphone, namun jarang sekali buka.

Sewaktu tranding itu mulai mulai sedikit deh melirik bukalapak. Saya sendiri jarang sekali belanja online dan bahkan jualan online juga jarang sekali laku. Cuma kali ini ada customer yang beli eceran dan dia mungkin punya voucher pengiriman gratis atau diskon. Nah saya diminta jualan di Bukalapak dari situlah saya mulai pasang beberapa barang jualan di bukalapak.

Dapat duit tidak langsung cairkan karena kami pikir ya biarlah dulu. Walaupun stok barang berkurang dan duit masih saya biarkan di bukalapak. Nah ada Serbu Seru yang pastilah peluang dapatnya sangat kecil. ini saya pikir untuk menarik traffic pengunjung saja.
Toh beriklan juga mahal. kalau langsung memberikan Serbu Seru kan lumayan bisa narik traffic dan nanti mungkin bisa lihat2 barang da…

Perbedaan KIDS JAMAN NOW DAN KID JAMAN OLD.

Kids Jaman Now dan Kids Jaman Old. Bagaimana perubahan teknologi telah merubah perilaku manusia? Beberapa saat lalu beredar foto para petinggi Negara yang sedang ngumpul dan asik main handphonenya masing-masang. Katanya sih ngumpul tapi pada sibuk chatting sendiri-sendiri. Itulah sebuah perubahan yang terjadi saat ini. Kita mungkin sedang bersama-sama tapi semuanya sibuk dengan gatgetnya masing-masing. Kids Zaman Now seringkali berkumpul dan masing-masing sibuk dengan game-nya sendiri-sendiri. Eksis di komunitasnya dunia maya dengan menjadi juara game mobile legend atau selalu eksis di instagram. Kids Zaman Now juga banyak yang menyebut generasi paling bodoh, segala sesuatu mengandalkan teknologi. Kamus sudah tidak perlu lagi dan digantikan dengan google translate. Kita berkomunikasi dengan orang belahan dunia lain misal dengan orang jepan atau China yang biasanya bahasa Inggris tidak mengerti. Kita cukup copy dan paste tulisan china atau korea atau Jepan dan diterjemahkan ke ba…

Memotivasi dalam dunia kerja.

Setiap orang perlu motivasi untuk bisa melakukan yang terbaik. Saking pentingnya motivasi bagi seseorang, maka tidak heran jika acara-acara yang diselenggarakan oleh para motivator terkenal selalu dipenuhi oleh peserta.
Seharusnya, motivasi tidak perlu dicari jauh-jauh. Perusahaan-perusahaan yang baik dapat memberikan motivasi ini kepada para karyawannya, melalui jajaran para manajernya. Seorang manajer yang berhasil, bukan seorang manajer yang hanya bisa memenuhi tuntutan atau target yang dibebankan kepadanya. Manajer yang baik adalah dia yang dapat memberikan motivasi kepada anak buah atau anggota timnya. Motivasi yang tepat dapat membuat para anggota tim memberikan kemampuan terbaiknya, demi kinerja yang optimal.
Hal-hal yang Bisa Memotivasi dalam Dunia Kerja Untuk orang-orang yang belum memasuki dunia kerja, hal-hal yang menjadi motivasi biasanya seputar gaji atau nama perusahaan yang terkenal. Tapi begitu sudah terlibat dalam dunia kerja yang sesungguhnya, masalahnya ti…