Langsung ke konten utama

Khasiat Lidah Buaya Dan Cara Buat Masker Lidah Buaya.

Lidah buaya Adalah tanaman serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk skin care dan kosmetik. Nah buat Anda yang sedang cari-cari cara alami untuk merawat tubuh, kenapa tidak coba membuat masker lidah buaya? Masker alami satu ini menawarkan segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut yang tentunya sayang jika terlewatkan.

Apa, sih, nutrisi yang ada dalam lidah buaya?

jus lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya tidak bertulang, justru berdaging tebal dan banyak mengandung gel atau getah.

Daging dan getahnyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. 

Beberapa daftar komponen aktif yang terkandung dalam lidah buaya adalah:
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Asam folat
  • Kolin
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalium
  • Mangan
  • Natrium
  • Seng
  • Tembaga

Manfaat masker lidah buaya

Berbagai kandungan nutrisi dalam lidah buaya membuat tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat dan mengobati berbagai masalah kulit serta rambut. 
Masker lidah buaya dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.
Masker lidah buaya juga dapat dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar dan bahkan membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.
Nah kalau rambut Anda sedang kusut dan rontok, Anda bisa mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.
Penting untuk dipahami bahwa berbagai manfaat masker lidah buaya seperti yang sudah disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, beberapa penelitian yang ada sampai saat ini masih tergolong skala kecil sehingga perlu lebih banyak bukti kuat dengan melibatkan peserta lebih banyak.
Jadi, tak semua manfaat masker lidah buaya di atas terjamin keamanan dan efektifitasnya. Apalagi jika Anda sejak sebelumnya sudah memiliki riwayat alergi tertentu atau punya jenis kulit yang sensitif.

Panduan cara membuat masker lidah buaya

Daripada harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli masker lidah buaya di pasaran, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, bahan-bahan yang digunakan pun lebih terjamin keasliannya.
Berikut panduan membuat masker lidah buaya rumahan:

Cara 1: Masker lidah buaya murni

  • Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih
  • Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening
  • Oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit Anda
  • Tunggu beberapa menit agar gel lidah buaya meresap ke kulit
  • Cuci wajah Anda sampai bersih
  • Ulangi cara di atas setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur atau di waktu Anda sedang bersantai
Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk sebagai perawatan rambut. Oleskan lidah buaya secara menyeluruh dan rata dari akar hingga ujung rambut sambil pijat-pijat kepala Anda. Diamkan selama sekitar satu jam kemudian bilas rambut Anda hingga bersih.

Cara 2: Masker lidah buaya campur lemon

  • Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih
  • Potong daun dan tekan hingga gel keluar
  • Campur gel dengan satu buah perasan lemon atau jeruk nipis lalu aduk rata
  • Simpan campuran lidah buaya dengan lemon ini dalam kulkas setidaknya satu jam
  • Oleskan pada wajah Anda seperti masker wajah setiap malam sebelum tidur
  • Diamkan beberapa menit dan bilas wajah Anda sampai bersih

Cara 3: Masker lidah buaya campur madu dan kunyit

  • Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, dan beberapa tetes air mawar
  • Aduk semua bahan sampai merata dan kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit secara merata
  • Diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah Anda sampai bersih
  • Lanjutkan proses ini secara teratur
Cobalah semua metode di atas sesuai dengan ketersediaan bahan yang aman dan mudah dicari. Jangan lupa, selalu tes efeknya pada kulit di bagian tangan Anda sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit Anda.
Jika setelah mengoleskan masker lidah buaya, kulit Anda terasa gatal dan kemerahan, segera hentikan pemakaian. Bila perlu, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sebelum membuat masker lidah buaya, perhatikan ini dulu!

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, pastikan Anda selalu menggunakan gel lidah buaya segar yang diambil langsung dari daun lidah buaya segar. Lidah buaya yang asli dan masih segar mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk meredakan kulit dari iritasi dan jerawat yang meradang,
Jika memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya melakukan tes kulit (skin test) terlebih dahulu sebelum pakai masker lidah buaya. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, cuci area tersebut dengan air sampai bersih dan hentikan pemakaian.





 https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-masker-lidah-buaya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traffic atau cari DUIT, Kasus #BUKALAPAKSANDAL

Minggu depan saya yakin tranding topic #Bukalapaksandal akan meningkat terus, seperti waktu  itu tranding topik #UNISTALLBUKALAPAK. Sewaktu ramai #uninstallbukalapak saya memang ada aplikasi bukalapak di handphone, namun jarang sekali buka.

Sewaktu tranding itu mulai mulai sedikit deh melirik bukalapak. Saya sendiri jarang sekali belanja online dan bahkan jualan online juga jarang sekali laku. Cuma kali ini ada customer yang beli eceran dan dia mungkin punya voucher pengiriman gratis atau diskon. Nah saya diminta jualan di Bukalapak dari situlah saya mulai pasang beberapa barang jualan di bukalapak.

Dapat duit tidak langsung cairkan karena kami pikir ya biarlah dulu. Walaupun stok barang berkurang dan duit masih saya biarkan di bukalapak. Nah ada Serbu Seru yang pastilah peluang dapatnya sangat kecil. ini saya pikir untuk menarik traffic pengunjung saja.
Toh beriklan juga mahal. kalau langsung memberikan Serbu Seru kan lumayan bisa narik traffic dan nanti mungkin bisa lihat2 barang da…

Perbedaan KIDS JAMAN NOW DAN KID JAMAN OLD.

Kids Jaman Now dan Kids Jaman Old. Bagaimana perubahan teknologi telah merubah perilaku manusia? Beberapa saat lalu beredar foto para petinggi Negara yang sedang ngumpul dan asik main handphonenya masing-masang. Katanya sih ngumpul tapi pada sibuk chatting sendiri-sendiri. Itulah sebuah perubahan yang terjadi saat ini. Kita mungkin sedang bersama-sama tapi semuanya sibuk dengan gatgetnya masing-masing. Kids Zaman Now seringkali berkumpul dan masing-masing sibuk dengan game-nya sendiri-sendiri. Eksis di komunitasnya dunia maya dengan menjadi juara game mobile legend atau selalu eksis di instagram. Kids Zaman Now juga banyak yang menyebut generasi paling bodoh, segala sesuatu mengandalkan teknologi. Kamus sudah tidak perlu lagi dan digantikan dengan google translate. Kita berkomunikasi dengan orang belahan dunia lain misal dengan orang jepan atau China yang biasanya bahasa Inggris tidak mengerti. Kita cukup copy dan paste tulisan china atau korea atau Jepan dan diterjemahkan ke ba…

Generasi Zaman NOW

"the dumbest generation" atau generasi paling bodoh sangat viral, sebutan untuk KIDS Zaman NOW di Amerika. Kata KIDS Zaman Now akhir-akir ini amat viral di berbagai media massa. "Kekhawatiran fenomena ‘kid zaman now’ yang berperilaku negatif juga jadi perhatian negara lain seperti Amerika (Serikat). Bahkan mereka menyebutnya sebagai generasi paling bodoh yang pernah ada," ujarnya. Kekhawatiran itu tidak dibiarkan begitu saja oleh pemerintah Amerika Serikat. Menurutnya, mereka segera mengubah pola asuh anak yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini karena ’the dumbest generation’ lahir di tengah paparan teknologi yang sulit dibendung. "Pemerintah Amerika (Serikat) segera mengubah pola asuh yang sudah tidak relevan, buku-buku pola asuh anak segera diubah. Mereka membuat pendekatan yang melemahkan ’the dumbest generation’," tuturnya. Tindakan itu, menurut Devie harus ditiru Indonesia. Pola asuh orangtua yang ingin disebut modern dan keren dengan me…