Langsung ke konten utama

8 Cara Bisnis Berkembang Cepat Dan Sukses.

Mengembangkan sebuah bisnis tidaklah semudah yang banyak disampaikan dalam materi seminar atau mentoring bisnis. Butuh perjuangan, pengorbanan, dan kerja ekstra keras agar bisnis bisa bergerak dari titik nol hingga tahap berkembang dan menghasilkan profit bagi pemiliknya.
Bagi pengusaha pemula, seolah tak pernah ada waktu untuk berleha-leha. Bahkan, semakin bisnis terus berkembang, harus lebih giat lagi agar bisnis bisa langgeng dan lebih besar dari sebelumnya.
Para pengusaha yang saat ini telah berhasil membesarkan bisnisnya waktu kali pertama tentu pernah merasakan masa-masa bisnis mulai merangkak menuju pertumbuhan yang sering menguras energi dan dana.

1. Jitu memilih pegawai

Bila bisnis telah berkembang, ada kalanya rasa kewalahan muncul. Karena itu, perlu rekrut orang yang mumpuni sebagai pegawai. Pastikan untuk teliti dalam mencari yang benar-benar tepat. Sebab kunci sukses selanjutnya berada di tangan mereka yang berkontribusi dalam pengembangan bisnis Anda.
Pastikan memilih orang yang punya komitmen, pengetahuan, inisiatif, dan bakat. Ingat, SDM adalah aset perusahaan. Memilih karyawan dan mendidiknya dengan tepat merupakan kunci utama bisnis bisa bertumbuh.

2. Buat perencanaan matang

Setelah bisnis berkembang, bukan berarti akan bisa berjalan secara otomatis atau autopilot. Perlu rencana matang agar bisa bertahan menghadapi persaingan serta terus mempertahankan grafik pertumbuhannya.
Sebagai pemilik bisnis, jika sudah berjalan, Anda cukup melakukan monitoring saja sambil terus memikirkan agar perkembangan bisnis sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Milikilah mimpi

Para pebisnis besar sejak mula telah punya mimpi untuk bisnis yang ditekuni. Mereka enggan untuk biasa-biasa saja dalam menjalankan bisnisnya.
Mereka sadar bahwa siapa saja boleh punya mimpi dan mimpi itu gratis. Tidak ada ruang untuk memiliki pola pikir yang sempit seperti, “Saya cukup segini dulu,”. Anda harus terus bergerak maju jika ingin berada di puncak.

4. Utamakan keinginan pelanggan

Pelanggan adalah raja. Pelanggan adalah kunci mewujudkan mimpi Anda. Pebisnis besar menghindari sekuat mungkin rasa kecewa pelanggannya.
Ini terkait dengan banyak aspek, baik layanan maupun kualitas. Jaga loyalitas pelanggan dan terus tambah pelanggan baru bagi usaha Anda.

5. Temukan strategi pemasaran yang jitu

Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan. Cara pemasaran dan strategi pemasaran jitu menjadikan pertumbuhan perusahaan tetap terjaga.
Karena itu, perhatikan empat poin sebelumnya dan pastikan ini bisa terlaksana dengan baik. Kunci perkembangan bisnis adalah strategi pemasaran yang baik dan bisa dijalankan dengan baik sehingga bisa menghasilkan keuntungan seperti yang ditargetkan.

6. Kenali dan gunakan teknologi

Jangan sampai menjadi orang yang gaptek (gagap teknologi). Kenali dan pelajari bagaimana teknologi bisa membantu bisnis Anda terus bertumbuh. Mau belajar adalah kunci sukses seseorang. Ingat, teknologi bisa saja menjadi hambatan bagi bisnis sekaligus senjata untuk pertumbuhan bisnis.

7. Ikuti perkembangan zaman 

Mengikuti tren bisnis yang sedang berkembang adalah hal yang harus dikenali secara matang. Jangan sampai terjadi istilah ketinggalan zaman.
Banyak perusahaan besar tak lagi mampu bertahan hanya karena tak mampu membaca perkembangan zaman. Anda juga harus jeli membaca tren bisnis ke depan agar selalu siap dalam menghadapi perubahan yang terjadi.

8. Jangan hamburkan uang perusahaan

Uang bisa membuat orang terlena. Namun, bila ini terjadi dengan menyalahgunakan uang perusahaan, ada kemungkinan bisa jadi Anda kehabisan modal karena terlalu sering menghamburkan uang perusahaan untuk tujuan pribadi.
Sebaliknya, temukan sumber pendapatan di luar sumber pendapatan utama perusahaan.Ini akan menjadi sokongan yang baik untuk pertumbuhan perusahaan dari waktu ke waktu.
Kedelapan tips sukses mempertahankan bisnis yang sudah berkembang di atas tentu bukan rumusan mutlak. Anda bisa menemukan resep lainnya dalam perjalanan bisnis Anda seiring dengan pengalaman Anda dalam menjalankan bisnis.
Menggabungan kreativitas dengan kepekaan berbisnis juga menjadi ciri pengusaha besar yang saat ini mampu merajai pasar dan menjadi trendsetter.







https://www.liputan6.com/bisnis/read/3058279/8-cara-jitu-agar-bisnis-bisa-berkembang-pesat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traffic atau cari DUIT, Kasus #BUKALAPAKSANDAL

Minggu depan saya yakin tranding topic #Bukalapaksandal akan meningkat terus, seperti waktu  itu tranding topik #UNISTALLBUKALAPAK. Sewaktu ramai #uninstallbukalapak saya memang ada aplikasi bukalapak di handphone, namun jarang sekali buka.

Sewaktu tranding itu mulai mulai sedikit deh melirik bukalapak. Saya sendiri jarang sekali belanja online dan bahkan jualan online juga jarang sekali laku. Cuma kali ini ada customer yang beli eceran dan dia mungkin punya voucher pengiriman gratis atau diskon. Nah saya diminta jualan di Bukalapak dari situlah saya mulai pasang beberapa barang jualan di bukalapak.

Dapat duit tidak langsung cairkan karena kami pikir ya biarlah dulu. Walaupun stok barang berkurang dan duit masih saya biarkan di bukalapak. Nah ada Serbu Seru yang pastilah peluang dapatnya sangat kecil. ini saya pikir untuk menarik traffic pengunjung saja.
Toh beriklan juga mahal. kalau langsung memberikan Serbu Seru kan lumayan bisa narik traffic dan nanti mungkin bisa lihat2 barang da…

Perbedaan KIDS JAMAN NOW DAN KID JAMAN OLD.

Kids Jaman Now dan Kids Jaman Old. Bagaimana perubahan teknologi telah merubah perilaku manusia? Beberapa saat lalu beredar foto para petinggi Negara yang sedang ngumpul dan asik main handphonenya masing-masang. Katanya sih ngumpul tapi pada sibuk chatting sendiri-sendiri. Itulah sebuah perubahan yang terjadi saat ini. Kita mungkin sedang bersama-sama tapi semuanya sibuk dengan gatgetnya masing-masing. Kids Zaman Now seringkali berkumpul dan masing-masing sibuk dengan game-nya sendiri-sendiri. Eksis di komunitasnya dunia maya dengan menjadi juara game mobile legend atau selalu eksis di instagram. Kids Zaman Now juga banyak yang menyebut generasi paling bodoh, segala sesuatu mengandalkan teknologi. Kamus sudah tidak perlu lagi dan digantikan dengan google translate. Kita berkomunikasi dengan orang belahan dunia lain misal dengan orang jepan atau China yang biasanya bahasa Inggris tidak mengerti. Kita cukup copy dan paste tulisan china atau korea atau Jepan dan diterjemahkan ke ba…

Generasi Zaman NOW

"the dumbest generation" atau generasi paling bodoh sangat viral, sebutan untuk KIDS Zaman NOW di Amerika. Kata KIDS Zaman Now akhir-akir ini amat viral di berbagai media massa. "Kekhawatiran fenomena ‘kid zaman now’ yang berperilaku negatif juga jadi perhatian negara lain seperti Amerika (Serikat). Bahkan mereka menyebutnya sebagai generasi paling bodoh yang pernah ada," ujarnya. Kekhawatiran itu tidak dibiarkan begitu saja oleh pemerintah Amerika Serikat. Menurutnya, mereka segera mengubah pola asuh anak yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini karena ’the dumbest generation’ lahir di tengah paparan teknologi yang sulit dibendung. "Pemerintah Amerika (Serikat) segera mengubah pola asuh yang sudah tidak relevan, buku-buku pola asuh anak segera diubah. Mereka membuat pendekatan yang melemahkan ’the dumbest generation’," tuturnya. Tindakan itu, menurut Devie harus ditiru Indonesia. Pola asuh orangtua yang ingin disebut modern dan keren dengan me…